BAB I
Pembuka
1.
Latar
Belakang Masalah
Komputer
merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini
perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa
batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat
yang kita buat sendiri. Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk
makalah dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi kami coba menulis makalah
dengan judul “Bagian – Bagian Personal Komputer” yang dijelaskan secara umum
atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara keseluruhan itu membutuhkan
waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak. Tulisan ini saya susun
sangat simple agar para pembaca mudah
mencernanya dan tidak bosan membacanya.
2.
Rumusan
Masalah
·
Bagaimana
sejarah komputer?
·
Apa komponen hardware itu ?
·
Apa komponen Software itu ?
·
Apa Brainware itu ?
3.
Tujuan
· Untuk
mengetahui sejarah singkat komputer.
· Untuk
mengetahui apa saja komponen Hardware.
· Untuk
mengetahui apa saja komponen Software.
· Untuk
mengetahui apa itu Barainware.
BAB II
Pembahasan
1.
Sejarah
Singkat Komputer
1.1. Komputer Generasi I
Pada generasi
ini komputer memekai banyak sekali tabung hampa dengan ukuran yang sangat besar
hingga memenuhi satu ruangan, dan komputer ini dinamakan ENIAC (Electronic
Numerikal Itegrator and Computer). Karena ukurannya yang cukup besar namun
hanya bisa menyimpan data yang sedikit, maka lahirlah komputer generasi 2.
1.2. Komputer Generasi II
Penggunakan
tabung hampa digantikan dengan transistor sehingga lebih menghemat tempat dan
juga daya. Sejak generasi ini juga mulai bermunculan berbagai bahasa
pemrograman seperti COBOL, ALGOL, dan FOTRAN. Dari segi ukuran komputer
generasi II lebih kecil hanya sebejar ukuran meja kerja dan mampu menyimpan
data lebih banyak. Komputer ini lebih dikenal dengan nama UNIVAV (Universal Automatic Computer).
1.3. Komputer Generasi III
Seiring
dengan sejarah perkembangan komputer, keberadaan transistor pada
generasi sebelumnya telah digantikan dengan IC, dimana IC sendiri ditemukan
oleh insinyur asala Texas yang bernama Jack Kilby pada tahun 1958. Pada
generasi ini juga lahir microprocessor pertama yaitu interl 4004 pada tahun
1971.
1.4. Komputer Generasi IV
Pada 1980 an
muncul komputer generasi baru ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale
integration). Dimana ini merupakan peadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.
Kemudian LSI terus dikembagkan hingga lahirlah VLSI (Very Large Scale
Integration).
1.5. Komputer Generasi V
Komputer masa
depan saat ini sedang terus dikembangkan dan inilah generasi yang sedang kita lalui.
Meskipun belum ada proyek nyata, konsep komputer generasi ke-5 memiliki
kecerdasan buatan sehingga komputer akan memiliki nalar seperti manusia, dan
bisa terus belajar dari pengalaman. Dan itulah sejarah
perkembangan komputer dari waktu ke waktu.
2.
Komponen
Hardware ( Perangkat Keras)
Perangkat
yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set
tadi. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah
tersebut melakukan berbagai aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin
tersebut sehingga mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang
didapatkan olehnya.
2.1.
Proccesing
Device
CPU
( Central Processing Unit )
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan
laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti
input , output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berikut ini adalah beberapa contoh alat yang berperan untuk pemrosesan:
2.1.1. Processor
Processor
merupakan nama singkat dari microprocessor
dan sering di sebut CPU (Central
Processing Unit). Komponen ini berupa chip
(IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran kecil
persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan
komponen elektrik lainnya. Processor
salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering
disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data. Contoh: Pentium 3.
Pentium 4, Celleron, AMD dll.
2.1.2. Motherboard
Motherboard terkadang disebut systemboard, mainboard dan plannar.
Komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang
dapat dilepas, misalnya sound card, i/o
card, chip mikroprosesor dan chip ram.
Ada beberapa motherboard yang telah
dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard.
Slot-slot
motherboard memungkinkan pemakai
melakukan ekspansi atau melakukan upgrade,
istilah ekspansi merupakan meningkatkan kemampuan komputer dengan cara
menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak
tercakup pada sistem sebelumnya.
2.1.3. Power Supply
Power
supply adalah
perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen
dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard,
hardisk, kipas, dan lain-lain. Input power supply berupa
arus bolak- balik (AC) sehinggapower supply harus mengubah tegangan
AC menjadi DC (arus searah), karena hardwarekomputerhanya dapat
beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang
umumnya diletakan dibagian belakang atas casing. Fungsi Power
supply dalam komponen komputer sangat vital, karena power
supply merupakan pembagi arus untuk semua perangkat khususnya motherboard. Power
supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC menjadi tegangan
DC, itu di karenakan hardware di dalam komputer hanya dapat
beroperasi dengan arus DC. Pengertian dari power supply adalah
sebuah perangkat yang terdapat di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan
arus listrik ke berbagai peralatan komputer. Fungsi power supply yang
kurang baik/rusak dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan
banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan
menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk.
Cara
kerja power supply tidaklah sesulit yang kita lihat, kita
hanya cukup menekan tombol power pada casing, yang terjadi
adalah power supply akan melakukan cek dan tes sebelum
membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim
sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good. Jenis
konektor kabel Power supply :
No
|
Nama konektor
|
Fungsi
|
1.
|
Konektor 20/24
pin ATXMotherboard
|
Sebagai pemberi
tegangan untukmotherboard.
|
2.
|
Konektor ATX 4
pin
|
Sebagai pemberi
tegangan untuk Process or.
|
3.
|
Konektor 4 pin
peripheral power konektor
|
Sebagai pemberi
tegangan untuk periferal seperti Harddisk, CD-ROM, Kipas.
|
4.
|
Konektor 4/8 pin
12V
|
Sebagai Pemberi
tegangan untukmotherboard server.
|
5.
|
Konektor 6-pin
PCI-E
|
Sebagai pemberi
tegangan untuk kartu grafis jenis PCI-E.
|
6.
|
Konektor floppy
|
Seabagai pemberi
tegangan untukfloppydisk drive.
|
7.
|
Konektor SATA
|
Sebagai pemberi
tegangan untuk hardisk / optical drive berjenis sata.
|
2.1.4. Harddisk (HDD)
Pengertian Harddisk Komputer Harddisk adalah
perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi
media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak
akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop.
Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media
penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus).
Fungsi
perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data
yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya,
terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah
setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga
mempunyai komponen- komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri
atas direktori, folder,subdirektori, serta subfolder, yang
digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.
2.1.5. Heatsink
Heatsink adalah logam
dengan design khusus yang terbuat dari alumuniun atau tembaga (bisa merupakan
kombinasi kedua material tersebut) yang berfungsi untuk memperluas transfer
panas dari sebuah processor.
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari
aluminium,biasanya dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink untuk mengoptimalkan penyerapan panas
yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke
luar CPU, ini akan meningkatkan performa kerja komputer.
Fungsi heatsink adalah
membantu proses pendinginan sebuah processor.
Secara teknik, semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan
semakin cepat proses pendinginan benda tersebut.
Cara
kerja Heatsink bekerja
selama proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat tersebut
tidak bekerja/ menghasiklan panas maka heatsink tidak
akan bekerja, heatsink akan menerima panas dari process or misalnya dari permukaan
yang bersentuhan dengan processor lalu
panas tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink dengan sama rata besarnya melalui sirip-sirip. panas
yang telah menyebar tadi harus dibuang, yang berfungsi untuk membuang panas
adalah fan, fan akan menyemburkan
udara keseluruh bagian heatsink dan membuang seluruh panas yang ada
pada sirip-sirip tersebut.
2.1.6. VGA Card
VGA card merupakan
bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor.
Tanpa VGA card, layar komputer
tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri
ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA onboard. Bagian-bagiannya antara lain terdiri
dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu
menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang
berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan
komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat
setiap saat. VGA card yang
terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card non
on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru
apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer
kita.
2.1.7. Sound card
Sound card Atau yang
lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam
PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound
card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer
untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara.
Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk,
macam dan jenis.
Sound card memiliki
empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer,
sebagai MIDIinterface, pengonversi
data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi
data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara darispeaker).
Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia.
2.1.8. CD/DVD ROM
Perangakat
ini digunakan sebagai media baca dan tulis keping CD atau DVD. Sebenarnya
fungsinya sama seperti floppy drive atau card reader.
Hanya saja, media simpan yang digunakan adalah keping CD atau DVD.
Dirve
CD atau DVD, keduanya berbeda pada tipe keping media simpannya. Untuk membaca
keping CD digunakan CD-ROM, sedangkan untuk membaca keping DVD digunakan
DVD-ROM saja. Selain itu, drive DVD juga dapat mengenali
format keping CD.
Dilihat
dari kemampuan baca tulis, drive CD/DVD terdiri atas dua
jenis, yakni driveyang bisa membaca data dan druve yang bisa
menulis data ke dalam CD/DVD. Jenisdrive yang terakhir
atau lebih dikenal dengan CD-RW atau DVD-RW ini juga dapat digunakan untuk
membaca data. Biasanya pada drive CD/DVD tertera angka
misalnya 52x32x52 CD-R/RWRead atau 16x-DVDROM. Pada drive CD,
angka 52x berarti kecepatan maksimal menulis data, 32x adalah kecepatan
penulisan ulang, 52x yang terakhir adalah kecepatan bacanya. Dan 16x adalah
kecepatan baca pada keping DVD. Angka-angka tersebut sebenarnya memiliki
kecepatan akses tersendiri. Berikut tabel kecepatan akses drive CD/DVD.
52x
|
7.800 KB/s
|
48x
|
1.200 KB/s
|
44x
|
6.600 KB/s
|
40x
|
6.000 KB/s
|
36x
|
5.400 KB/s
|
32x
|
4.800 KB/s
|
28x
|
4.200 KB/s
|
24x
|
3.600 KB/s
|
20x
|
3.000 KB/s
|
16x
|
2.400 KB/s
|
12x
|
1.800 KB/s
|
10x
|
1.500 KB/s
|
8x
|
1.200 KB/s
|
6x
|
900 KB/s
|
4x
|
600 KB/s
|
2x
|
300 KB/s
|
1x
|
15000 KB/s
|
Drive CD/DVD
biasanya dipasang di dalam casing CPU. Namun, ada juga
jenis driveCD/DVD eksternal yang berisat portable. Drive CD/DVD external banyak
digunakan pda notebook. Koneksi drive CD/DVD jenis
ini umumnya menggunakan port parallel, USB, atau
PCMCIA. Untuk laptop, drive CD/DVD internal bentuknya lebh ramping.
Meski demikian, kemampuannya sama dengan drive CD/DVD pada PC.
2.1.9. Casing
Secara
fisik, komponen-komponen yang ada pada CPU terpisah-pisah walaupun ada yang
terintegrasi bersama motherboard, antara lain RAM, VGA, Sound
card, dan NIC. Ada juga yang memisah moterboard, antara
lain floppy dan drive lainnya.
Komponen-komponen tersebut dipersatukan secara utuh atau dibungkus dengan benda
yang disebut dengancasing.
Casing merupakan
media untuk membungkus semua komponen PC menjad satu bagian yang utuh, kecuali
perangkat luar (mouse, keyboard, dan monitor).
Bentuk casingada bermacam-macam diantaranya adalah desktop,
bentuk tower, dan bentuk barebone.
2.2. Input
Device
Input Device adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah
ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
2.2.1. Keyboard
Keyboard adalah
Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke
dalam komputer dan
menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam
komputer.
Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin
ketik
yang dasar
rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak
dipasarkan pada
tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer
pertama
disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi
pengiriman
tulisan jarak jauh
(Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan
pembaca kartu
pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan
output.
Dalam
penggunaan normal, keyboard digunakan untuk mengetik teks dan
angka ke dalam pengolah kata, teks editor atau program lainnya. Sedangkan pada
komputer modern, penafsiran dari tombol yang ditekan pada umumnya
diperintahkan
kepada perangkat lunak. Keyboard juga digunakan untuk game
komputer, baik
dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan keyboard
dengan fitur
gaming khusus.
Fungsi keyboard di
sini memang penting sekali. Jika sebuah komputer
tidak
memiliki keyboard maka tentu sebagian aplikasi atau software komputer
tidak dapat
berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat digunakan.
Karena banyak
tombol di keyboard, tentu tombol-tombol yang ada pada keyboard tersebut
memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan tentang
fungsi keyboardberdasarkan fungsi tombolnya yaitu :
1)
Fungsi keyboard berdasarkan
tombol ketik yaitu dapat dipakai untuk kebutuhan mengetik atau meng-input data
ke dalam suatu dokumen yang kemudian ditampilkan pada monitorkomputer.
Tombol ketik tersebut berupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun
pada keyboard.
2)
Fungsi keyboard berdasarkan
tombol kontrol yaitu salah satunya dapat menghasilkan suatu perintah tertentu
jika digabungkan dengan tombol yang lainnya. Seperti misalkan jika tombol
kontrol (Ctrl) ditekan bersama sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah
untuk menebalkan suatu huruf atau angka.
3)
Fungsi keyboard berdasarkan
tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikan dengan aplikasi atau software yang
sedang dijalankan seperti misalkan tombol F1 jika ditekan maka akan memunculkan
menu bantuan (Help) sesuai dengan software yang
dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1 sampai F12 yang tersusun secara
berderet. Fungsi keyboardberdasarkan Tombol alternate yaitu
seperti tombol enter berfungsi untuk memulai kembali suatu
paragraf baru saat mengetik atau untuk memilih suatu perintah tertentu yang
muncul pada aplikasi yang dijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk
meng-cancel suatu dialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk
pemindahan suatu teks.
4)
Fungsi keyboard berdasarkan
tombol navigasi seperti tombol Page Down yang berfungsi untuk
men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untuk men-scrool layar ke
atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letak cursor ke
bagian akhir baris. Tombol Leftberfungsi untuk pemindahan ke kiri
dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Rightberguna untuk
pemindahan cursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter dan
lain sebagainya.
2.2.2. Mouse
Mouse adalah
perangkat pengendali pergerakan cursor atau pointer pada
layar monitordengan menggerakkan/menggesernya pada permukaan
datar. Mouse ini sangat penting dan banyak kegunaanya dalam
menjalankan komputer karena mouse ini diibaratkan seperti
tangan manusia yang memudahkan untuk menjalankan komputer, walaupun terkadang
perintahmouse dapat dikerjakan oleh keyboard.
Jika
anda menggerakkan mouse, maka pointer pada layar bergerak dengan
arah yang sama. Pada mouse terdapat paling tidak 1 tombol,
umumnya terdapat 2 tombol, ada jugamouse dengan 3 tombol.
Tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda tergantung pada program
aplikasi yang berjalan. Mouse saat ini menyertakan roda
penggulung (scroll wheel) untuk menggulung dokumen yang panjang.
Adapun istilah
dalam mouse sebagai berikut:
1)
Klik mouse: Menekan tombol
kiri mouse sebanyak 1 kali.
2)
Double Klik :
Menekan tombol kiri mouse sebanyak 2 kali dengan cepat.
3) Drag and Drop:
Menekan tombol kiri mouse sambil ditahan dan mengesernya
sampai batas yang diinginkan lalu melepas tombolnya kembali.
4)
Klik Kanan: Menekan tombol
kanan mouse sebanyak 1 kali .
5)
Scroll lock : Menggulung
layar ke atas atau ke bawah .
Dari
sejak awal diperkenalkan, fungsi mouse tidak hanya sebagai
penunjuk arah saja, Tetapi, juga sudah berfungsi sebagai input device.
Oleh sebab itu, mouse sejak pertama kali diperkenalkan sudah
memiliki sebuah tombol. Waktu pertama kali, memang hanya ada satu tombol yang
melengkapinya. Namun kini seiring majunya teknologi pada mouse,
tidak hanya tombol saja yang bertambah pada mouse, ada beberapa hal
lain yang kini juga telah melengkapi mouse. Di antaranya scroll button
atau tombol scroll, efek getar, dan masih banyak lagi. Bahkan dari
segi keamanan kini juga sudah banyak mouse yang dilengkapi
dengan sidik jari. Tombol yang ada pada mouse memiliki
berbagai macam fungsi. Untuk fungsi yang paling umum biasanya terletak pada
tombol di sebelah kiri. Sedangkan, untuk fungsi tambahan biasanya terletak
disebelah kanan. scroll mouse banyak dipergunakan
untuk melihat sebuah dokumen yang panjang ke bawah. Sedangkan tombol yang lebih
banyak dari itu umumnya sangat terasa manfaatnya bila sedang digunakan untuk
bermain games. Misalnya saja untuk mengganti senjata, untuk melihat peta, dan
sebagainya. Mouse pada aplikasi permainan memiliki fungsi yang
tidak jauh berbeda dengan joystick. Kadang sama seperti
halnya joystickyang dilengkapi dengan efek getar. Tidak hanya
fasilitas yang beragam bentuk mouse juga sangat beragam. Mulai
dari yang sangat kecil (setengah besar telur ayam negeri) 12 sampai sangat
besar genggaman telapak tangan. Bahkan ada juga yang berbentuk sangat mirip
menyerupai joystick. Sebenarnya apapun bentuk mouse harus
disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya. Masih banyak perangkat lain yang
dapat beralih fungsi menjadi mouse atau dapat dimanfaatkan
sebagai mouse selain fungsi yang lain. Contoh saja keypad.
Dengan bantuan keypad Anda tetap dapat membaca isi sebuah web dengan baik.
Sedangkan bagi yang menggunakan notebook atau laptop, Anda akan memiliki
pilihan yang lebih luas. Karena umumnya sebuah laptop atau notebook sudah
dilengkapi dengan alat penunjuk penggantimouse yang disebut
touchpad atau disebut juga pointer stick. Jika touchpad bentuknya sepertimousepad kecil
dan letaknya di bawah keyboard, pointer stick bentuknya seperti
tombol bulat kecil, letaknya di tengah-tengah keyboard. Pointer
stick sangat umum terdapat pada laptop-laptop produksi IBM. Namun, bukan
berarti kehadiran mouse akan percuma untuk notebook.Mouse atau
tablet terkadang masih dibutuhkan pada laptop atau notebook karena
kebutuhaannya. Sebab jika terlalu lama menggunakan pointer stick atau touchpad dapat
membuat tangan Anda lebih cepat pegal dibandingkan dengan menggunakan mouse biasa.
Meskipun hal ini bukan berarti menggunakan mouse tidak akan
berdampak apa-apa bagi kesehatan. Penggunaan mouse yang tidak
nyaman dapat membuat pergelangan tangan mengalami penderitaan yang cukup lama.
2.3. Output
Device
Output Device adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk menampilkan data atau perintah
dari dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
2.3.1. Monitor
Seperti
layaknya TV, monitor merupakan alat keluaran dari
komputer yang berperan yangat penting. Betapa tidak, karena dari monitor akan
di tampilkan hasil yang telah diproses sebelum melalui komputer.
Monitor adalah
sebuah peranti yang bentuknya mirip televisi, dan menyajikan gambar yang dapat
dilihat oleh pengguna komputer, agar pengguna bisa tahu apa yang dikerjakan di
komputer. Monitor termasuk peranti output karena
dari monitor pengguna bisa tahu informasi yang diberikan dari
komputernya.
Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, yang tidak terlalu jauh beda dengan televisi. Di dalam dunia komputer ada yang disebut dengan istilah pixel, pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Monitor itu banyak jenisnya dan sangat beragam bentuknya, yang tidak terlalu jauh beda dengan televisi. Di dalam dunia komputer ada yang disebut dengan istilah pixel, pixel ini adalah titik-titik kecil yang membentuk gambar yang ditampilkan dalam monitor, kependekan dari “picture elements”. Semakin tinggi resolusi monitor, detail gambar yang terlihat akan semakin detail.
Prinsip kerja monitor konvensional, monitor CRT (Cathode Ray Tube), sama dengan prinsip kerja televisi yang berbasis CRT. Elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah gambar.
Teorinya, untuk
membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri
ke kanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan
intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut
terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar,
dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk
mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya kita
dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atau monitor.
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zamanbaheula belumlah secanggih sekarang, maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.
Pada masa awal-awal kelahiran teknologi televisi, para ilmuwan yang merancang televisi dan tabung gambar menemui hambatan teknis. Seperti yang kita tahu, TV zamanbaheula belumlah secanggih sekarang, maksudnya belum mampu menampilkan detail gambar seperti sekarang.
Dulu, lapisan yang
berpendar dalam tabung gambar kualitasnya tidak sebaik sekarang. Jadi
kualitas pixel yang dihasilkan juga tidak seoptimal sekarang.
Kini, seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang membutuhkan kualitas
TV dan monitor tabung yang lebih baik, untungnya kualitas
lapisan berpendar dalam tabung monitor telah lebih baik.
Hasilnya diperoleh
tabung gambar yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih tinggi.
Wajar saja, komputer banyak berurusan dengan teks, dan itu membutuhkandetil gambar
yang tinggi. Sayangnya, teknologi monitor dengan tabung CRT
ini ditengarai memiliki banyak pengaruh buruk bagi kesehatan penggunanya.
Sejumlah riset mengindikasikan bahwa ekspos berlebihan monitor pada
mata dapat menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Hal ini disebabkan oleh
radiasi sinar elektron pada tabung gambarmonitor atau televisi
tabung.
Tapi manusia
menemukan teknologi baru yang siap menggantikan tabung gambar sebagai alat
tampilan visual. Yaitu teknologi LCD (Liquid Crystal Display),
yang memungkinkan perampingan dimensi dan pemangkasan bobot peranti
display monitor. Selain itu, teknologi yang satu ini disebut-sebut
akrab bagi kesehatan penggunanya.
3.
Perangkat
Lunak (Software)
Perangkat
Lunak (software) adalah kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan
pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk
menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat
Lunak (software) merupakan data
elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang
disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh
perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk
menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut
dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui
perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang
diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya
adalah sistem operasi, program, dan data. Software
ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh
mesin komputer.
Secara
umum, perangkat lunak (software)
dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan
Perangkat Lunak Aplikasi.
3.1. Sistem Operasi
Sistem
operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan
perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan
komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan
berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem
operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi
maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai
sistem operasi itu sendiri.
3.1.1. Macam-Macam Sistem Operasi
Sistem
Operasi jenisnya banyak sekali, kita tinggal memilih jenis apa yang akan
digunakan di komputer kita. Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang
gratis (open source), diantaranya adalah :
1) DOS.
2) Windows, beberapa versi windows : Windows 95,
Windows 98, Windows 2000 Profesional, Windows 2003, Windows XP Windows Vista.
3) Linux, macam-macam distro linux : Redhat,
Fodore, Core, Mandrake, Suse, Knoppix, Ubuntu/Edubuntu.
4) Apple System
5) Machintos
3.2. Perangkat Lunak Bahasa (Language Software)
Perangkat
Lunak Bahasa (Language Program),
yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang
ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan
dipahami oleh komputer.
3.2.1. High
Level Language
(Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa
tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau
belajar, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia
sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat
program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh
dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual
Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.
3.3. Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat
lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja
untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di
install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan
menjadi dua macam, yaitu :
3.3.1. Program Aplikasi
Program
aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang
disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan suatu
perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya
menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang
mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
1) Program penggajian karyawan (Payroll) Program
penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir, program billing warnet/wartel
3.3.2. Program Paket
Program
paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh
software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Dibawah ini
akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
1) Program pengolah kata, contohnya adalah :
Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K
Writter, Amipro, dll.
2) Program pengolah angka, contohnya adalah :
Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.
3) Program presentasi, contohnya adalah :
Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation,
Apple Work, dll.
4) Program design grafis, contohnya adalah :
Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
5) Program browser, contohnya adalah : Internet
Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
6) Program database, contohnya adalah : Microsoft
Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
7) Program animasi, contohnya adalah : Macromedia
Flash, Swish, dll.
8) Program multimedia, contohnya : Windows Media
Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player
4.
Brainware ( Orang yang mengoperasikan computer )
Brainware
adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang
yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
BAB III
Penutup
1.
Kesimpulan
Kesimpulan makalah
ini adalah sejarah tentang perkembangan computer yang terdiri dari empat golongan
besar, yaitu:
1)
Peralatan manual: yaitu peralatan
pengolahan data yang sangat sederhana,
dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia.
dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga
tangan manusia.
2) Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang
sudah berbentuk mekanik yang
digerakkan dengan tangan secara manual
digerakkan dengan tangan secara manual
3) Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan
mekanik yang digerakkan secara
otomatis oleh motor elektronik
otomatis oleh motor elektronik
4) Peralatan Elektronik: Peralatan yang
bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data.
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data.
Ilmu komputer
adalah ilmu yang mempelajari tentang apa saja yang ada pada komputer baik
tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak
(software). Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini harus diimbangi
dengan pengetahuan kita tentang teknologi.
2.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar